10 Bendungan Terbesar di Dunia Beserta Lokasi dan Daya Tampungnya

10 Bendungan Terbesar di Dunia Beserta Lokasi dan Daya Tampungnya

Daftar 10 bendungan terbesar di dunia – Pengertian bendungan adalah bangunan yang berupa tanah, batu, beton atau pasangan batu yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat juga dibangun untuk menampung limbah tambang atau lumpur. Secara singkat, definisi bendungan adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air.

Adanya bendungan menciptakan sebuah danau atau waduk yang kerap menjadi tempat wisata dan rekreasi. Fungsi bendungan selain untuk penampungan air dan wisata, juga bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Manfaat bendungan lainnya adalah untuk irigasi pertanian.

(baca juga 10 danau terbesar di dunia)

Kebanyakan bendungan atau dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan. Di Eropa, bendungan juga bisa digunakan untuk membentuk sistem transportasi air.

Ada banyak bendungan besar di negara-negara di dunia yang mampu menampung kapasitas air yang banyak. Untuk mengukur besar tidaknya bendungan memang tidak diukur berdasarkan ukuran konstruksi fisiknya, melainkan dari kapasitas volume air yang mampu ditampung oleh bendungan tersebut.

Bendungan terbesar di Indonesia saat ini adalah Waduk Jatiluhur yang terletak di daerah Purwakarta. Lantas bagaimana dengan urutan bendungan terbesar di dunia yang paling besar dan tinggi daya tampungnya?

(baca juga 10 air terjun tertinggi di dunia)

10 Bendungan Terbesar di Dunia

Di bawah ini kami bagikan fakta 10 bendungan terbesar di dunia beserta lokasi, daya tampung volume air, tahun dibandung, penjelasan, keterangan dan gambarnya lengkap (update terbaru).

1. Bendungan Tarbela

bendungan terbesar di dunia tarbela dam

Volume kapasitas air : 153.000.000 m3
Negara : Pakistan
Tahun dibangun  : 1976

Bendungan terbesar di dunia adalah bendungan Tarbela. Bendungan ini terletak di Tarbela, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan dan mulai digunakan pada tahun 1976. Total kapasitas air yang bisa ditampung di bendungan ini adalah 153 juta meter kubik dengan ketinggian 143 meter.

Bendungan ini membendung aliran air dari sungai Indus. Bendungan ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik di daerah Khyber Pakhtunkhwa.

2. Bendungan Fort Peck

bendungan terbesar di dunia fort peck dam

Volume kapasitas air : 96.000.000 m3
Negara : Amerika Serikat
Tahun dibangun  : 1940

Urutan bendungan terbesar di dunia yang kedua adalah bendungan Fort Peck yang juga menjadi bendungan terbesar di benua Amerika. Bendungan ini terletak di Fort Peck, Montana, Amerika Serikat dan mulai digunakan pada tahun 1940.

Total kapasitas air yang bisa ditampung di bendungan ini adalah 96 juta meter kubik dengan ketinggian 76,4 meter. Bendungan ini menjadi salah satu dari 6 bendungan pada aliran air sungai Missouri. Bendungan ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik di daerah Khyber Pakhtunkhwa.

3. Bendungan Ataturk

bendungan terbesar di dunia ataturk dam

Volume kapasitas air : 84.500.000 m3
Negara : Turki
Tahun dibangun  : 1990

Bendungan Ataturk memiliki kapasitas volume air sebesar 84,5 juta meter kubik, menjadikan bendungan ini sebagai bendungan terbesar ketiga di dunia. Lokasinya ada di daerah Sanliurfa-Adiyaman di negara Turki. Bendungan Ataturk ini mulai beroperasi pada tahun 1990 lalu dan aliran airnya berasal dari sungai Euphrates.

4. Bendungan Houtribdjik

bendungan terbesar di dunia houtribdijk dam

Volume kapasitas air : 78.000.000 m3
Negara : Belanda
Tahun dibangun  : 1968

Bendungan Houtribdjik menjadi bendungan terbesar di Eropa. Letaknya ada di negara Belanda, yang memang dikenal memiliki banyak bendungan buatang manusia. Bendungan ini pertama digunakan mulai tahun 1968. Adapun kapasitas air yang bisa ditampung di bendungan Houtribdjik adalah 78 juta meter kubik.

5. Bendungan Oahe

bendungan terbesar di dunia oahe dam

Volume kapasitas air : 70.300.000 m3
Negara : Amerika Serikat
Tahun dibangun  : 1963

Bendungan Oahe terletak di South Dakota, Amerika Serikat. Bendungan ini memiliki kapasitas volume air sebesar 70,3 juta meter kubik. Awal mula bendungan Oahe beroperasi pada tahun 1963. Aliran air yang dibendung oleh bendungan ini berasal dari sungai Missouri.

6. Bendungan Gardiner

bendungan terbesar di dunia gardiner dam

Volume kapasitas air : 65.400.000 m3
Negara : Kanada
Tahun dibangun  : 1967

7. Bendungan Mangla

bendungan terbesar di dunia mangla dam

Volume kapasitas air : 65.400.000 m3
Negara : Pakistan
Tahun dibangun  : 1967

8. Bendungan Oroville

bendungan terbesar di dunia oroville dam

Volume kapasitas air : 59.600.000 m3
Negara : Amerika Serikat
Tahun dibangun  : 1968

9. Bendungan San Luis

bendungan terbesar di dunia san luis dam

Volume kapasitas air : 59.600.000 m3
Negara : Amerika Serikat
Tahun dibangun  : 1967

10. Bendungan Nurek

bendungan terbesar di dunia nurek dam

Volume kapasitas air : 54.000.000 m3
Negara : Tajikistan
Tahun dibangun  : 1980

Nah demikianlah ilmu fakta tentang daftar 10 bendungan terbesar di dunia saat ini update terbaru. Daftar tersebut diranking berdasarkan total kapasitas volume air yang dapat ditampung oleh tiap dam. Ada beberapa bendungan terkenal di dunia yang tidak masuk 10 besar, seperti Bendungan Aswan di Mesir dan Bendungan Three Gorges di China.

Tinggalkan komentar