10 Dinosaurus Terbesar di Dunia dengan Ukuran Raksasa (+Gambar)

10 Dinosaurus Terbesar di Dunia dengan Ukuran Raksasa (+Gambar)

10 dinosaurus terbesar di dunia – Dinosaurus adalah jenis hewan prasejarah yang hidup di Bumi ratusan juta tahun lalu. Kehadiran dinosaurus memang sudah lama punah, namun bentuk, jenis dan ukuran dinosaurus diketahui lewat fosil yang ditemukan peneliti.

Secara umum ada banyak macam-macam dinosaurus yang ada di dunia, termasuk dinosaurus terbang hingga dinosaurus air sekalipun. Ada yang karnivora dan ada juga yang herbivora. Ada yang berkaki dua, namun banyak yang berkaki 4. Beberapa nama-nama dinosaurus yang terkenal misalnya adalah Tyronnasaurus Rex, Brontosaurus, Velociraptor, Triceratops dan lain-lain.

Ukuran dinosaurus juga bervariasi. Ada dinosaurus yang kecil, bahkan sama dengan tinggi manusia. Namun banyak juga dinosaurus dengan ukuran raksasa yang sangat besar hingga beratnya mencapai puluhan ton dan panjangnya mencapai puluhan meter.

Untuk menentukan ukuran dinosaurus terbesar ditentukan lewat bukti fosil prasejarah yang ditemukan. Meski tentu ini tidak valid, karena hanya estimasi dan perkiraan dari peneliti yang kadang bisa berbeda. Namun secara umum ukuran ini diakui oleh peneliti di seluruh dunia.

10 Dinosaurus Terbesar di Dunia

Inilah 10 besar urutan dinosaurus terbesar di dunia dilihat dari berat dan panjangnya, ditampilkan beserta penjelasan, penemuan fosil dan ilustrasi gambarnya.

1. Argentinosaurus Huinculensis

dinosaurus terbesar di dunia argentinosaurus

Berat : + 88-100 ton
Panjang : + 35 meter

Inilah spesies dinosaurus terbesar di dunia yang pernah hidup di dunia, yakni Argentinosaurus Huinculensis. Dinosaurus ini hidup pada 97 juta tahun lalu di daerah Amerika Selatan yang kini dikenal sebagai Argentina. Berat Argentinosaurus Huinculensis diperkirakan mencapai 88 sampai 100 ton.

2. Dreadnoughtus Schrani

dinosaurus terbesar di dunia dreadnoughtus

Berat : + 65 ton
Panjang : + 26 meter

Dreadnoughtus Schrani juga menjadi salah satu dinosaurus terbesar yang pernah menginjakkan kaki di Bumi. Berat spesies Dreadnoughtus Schrani diperkirakan mencapai 65 ton dengan panjang 26 meter. Fosil dinosurus ini ditemukan di daerah Santa Cruz di Argentina.

3. Paralititan Stromeri

dinosaurus terbesar di dunia paralititan

Berat : + 60 ton
Panjang : + 25 meter

Perdebatan mengenai berat dinosaurus ini memang sering terjadi. Spesies Paralititan Stromeri banyak dianggap sebagai dinosaurus terbesar kedua atau ketiga, tergantung pendapat peneliti yang berbeda. Secara umum, Paralititan Stromeri memiliki berat 59 sampai 60 ton.

4. Sauroposeidon Proteles

dinosaurus terbesar di dunia sauroposeidon

Berat : + 55-60 ton
Panjang : + 34 meter

Sauroposeidon Proteles dikenal sebagai salah satu dinosaurus terpanjang di dunia dengan panjang 34 meter. Sementara beratnya bisa mencapai 60 ton. Sauroposeidon Proteles diperkirakan hidup 40 juta tahun lalu di beberapa wilayah di Amerika Serikat.

5. Brachiosaurus Altithorax

dinosaurus terbesar di dunia brachiosaurus

Berat : + 40-60 ton
Panjang : + 26 meter

Berat Brachiosaurus Altithorax sangat bervariasi, bisa mencapai 40 ton hingga yang paling berat diperkirakan mencapai 60 ton. Sementara panjangnya bisa mencapai 26 meter. Secara umum, Brachiosaurus Altithorax pun masuk peringkat 5 dinosaurus terbesar di dunia.

6. Turiasaurus Riodevensis

dinosaurus terbesar di dunia turiasaurus

Berat : + 40-48 ton
Panjang : + 30 meter

Turiasaurus Riodevensis menjadi dinosaurus terbesar yang fosilnya ditemukan di Eropa. Spesies dinosaurus ini diperkirakan hidup di daerah Spanyol dan Portugal. Beratnya ada pada interval 40 sampai 48 ton dengan panjang mencapai 30 meter.

7. Elaltitan Lilloi

dinosaurus terbesar di dunia elaltitan

Berat : + 42 ton
Panjang : + 22 meter

Elaltitan Lilloi menjadi salah satu dinosaurus terberat di dunia. Fosil Elaltitan Lilloi ditemukan oleh peneliti di daerah selatan Argentina. Dinosaurus herbivora ini memiliki berat lebih dari 40 ton. Sedangkan panjang Elaltitan Lilloi mencapai 22 meter.

8. Futalognkosaurus

dinosaurus terbesar di dunia futalognkosaurus

Berat : + 38-45 ton
Panjang : + 26 meter

Futalognkosaurus memiliki interval antara 38 sampai 45 ton, menjadikannya salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ada di dunia. Sementara panjang Futalognkosaurus bisa mencapai 26 meter. Dinosaurus ini ditemukan di wilayah Argentina.

9. Giraffitian

dinosaurus terbesar di dunia giraffitian

Berat : + 38 ton
Panjang : + 22-26 meter

Secara harfiah, nama Giraffitian berarti jerapah raksasa. Seperti namanya, bentuk dinosaurus ini mirip dengan jerapah. Berat Giraffitian sekitar 38 ton, sementara panjang dari spesies dinosaurus ini berada di antara 22 sampai 26 meter.

10. Diplodocus

dinosaurus terbesar di dunia diplodocus

Berat : + 16 ton
Panjang : + 20 meter

Peringkat 10 dinosaurus terbesar di dunia adalah Diplodocus. Beratnya mencapai 16 ton sedangkan panjangnya bisa mencapai 20 meter. Fosil spesies dinosaurus ini ditemukan pada tahun 1877 lalu dan diperkirakan hidup di Amerika Utara pada masa Jurassic.

Nah itulah urutan 10 dinosaurus terbesar di dunia yang paling berat dan paling panjang. List dinosaurus terbesar tersebut disusun berdasarkan kombinasi berat dan panjang dinosaurus serta ditampilkan beserta penjelasan dan ilustrasi gambar dinosaurus.

Tinggalkan komentar