Karakteristik Benua Amerika (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik Benua Amerika (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Kali ini akan dibahas mengenai karakteristik benua Amerika yang meliputi ciri-ciri benua Amerika serta bentang alam benua Amerika. Benua Amerika merupakan salah satu nama benua di dunia. Secara umum terdapat dua sub-benua Amerika yakni Amerika Utara dan Amerika Selatan. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa keduanya merupakan benua yang terpisah.

Benua Amerika memiliki total luas wilayah sebesar 42,55 juta km persegi. Secara keseluruhan populasi penduduk benua Amerika adalah sebanyak 1,01 miliar jiwa. Terdapat sekitar 35 negara di benua Amerika. Rinciannya adalah 23 negara di Amerika Utara termasuk Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Sementara sisanya adalah 12 negara di Amerika Selatan termasuk Brasil, Argentina, Chile dan Kolombia. Negara terbesar di Amerika berdasarkan luas wilayahnya adalah Kanada. Sementara negara di benua Amerika dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Amerika Serikat.

Benua Amerika juga memiliki banyak bentang alam terkenal seperti Sungai Amazon, Danau Superior, Air Terjun Niagara, Terusan Panama, Teluk Meksiko, Gunung Aconcagua, Laut Karibia, Air Terjun Angels, Sungai Missisipi dan lain-lain. Di benua Amerika, terdapat hanya 2 negara maju saja, yakni Amerika Serikat dan Kanada. Sementara sisanya termasuk kategori negara berkembang di Amerika.

karakteristik benua amerika

Karakteristik Benua Amerika

Berikut merupakan daftar karakteristik benua Amerika, baik Amerika Utara dan Amerika Selatan yang meliputi luas wilayah, letak geografis dan astronomis benua Amerika, batas wilayah benua Amerika, keadaan alam benua Amerika, iklim benua Amerika serta keadaan penduduk benua Amerika.

Ciri-Ciri Benua Amerika

Luas wilayah benua Amerika : 42.549.000 km persegi
Jumlah penduduk benua Amerika : ±1.001.559.000 jiwa
Kepadatan penduduk benua Amerika : 21,9 jiwa per km persegi
Jumlah negara : 35 negara

Batas Wilayah Benua Amerika

Sebelah utara : Laut Es, Selat Davis
Sebelah barat : Samudera Pasifik, Laut Bering
Sebelah timur : Samudera Atlantik, Laut Karibia
Sebelah selatan : Laut Kutub Selatan

Batas benua Amerika dan benua Asia : Samudera Pasifik
Batas benua Amerika dan benua Eropa : Samudera Atlantik

Letak Benua Amerika Secara Geografis dan Astronomis

Letak astronomis benua Amerika : 72° LU-59° LS dan 36° BB-136° BB
Letak geografis benua Amerika : Dikelilingi oleh tiga samudera yaitu Samudera Pasifik, Samudera Atlantik dan Samudera Arktik.
Letak geologis benua Amerika : Terletak di belahan bumi bagian barat dann posisinya membentang antara bagian utara sampai bagian selatan.

Bentang Alam Benua Amerika

Pada wilayah Amerika Utara didominasi kawasan pegunungan, mulai dari Pegunungan Rocky, Pegunungan Allaghary dan Pegunungan Appalachia. Terdapat danau-danau besar di Amerika Utara yang disebut Great Lakes yang masuk 10 besar danau terbesar di dunia.

Pada wilayah Amerika Tengah didominasi kawasan plato dan pegunungan termasuk Plato Meksiko dengan ketinggian 2500 meter.

Pada wilayah Amerika Selatan memiliki daerah pegunungan seperti Pegunungan Andes, daerah dataran tinggi seperti Dataran Tinggi Guyana dan Patagonia serta daerah dataran rendah, terutama di sekitar hutan hujan Amazon. Di hutan tersebut juga mengalir sungai Amazon yang menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia.

Iklim Benua Amerika

Benua Amerika memiliki beberapa jenis iklim karena letaknya yang luas dan membentang dari utara sampai selatan. Berikut merupakan pembagian iklim di benua Amerika.

  • Wilayah Amerika Utara di daerah Alaska dan Kanada memiliki iklim kutub dengan musim dingin yang panjang dan musim panas yang pendek
  • Wilayah Amerika bagian Utara di Amerika Serikat memiliki iklim subtropis dengan ciri memiliki 4 musim, yakni musim dingin, musim panas, musim semi dan musim gugur.
  • Wilayah Amerika bagian Tengah dan Selatan memiliki iklim tropis dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.
  • Wilayah Amerika bagian Selatan memiliki iklim gurun dimana letaknya dekat dengan kawasan pegunungan.

Keadaan Penduduk Benua Amerika

Populasi penduduk benua Amerika terdiri dari beberapa ras dan etnis di antaranya adalah :

  • Penduduk asli benua Amerika seperti Indian, Inuit dan Aleuts
  • Penduduk keturunan Eropa seperti Inggris, Irlandia, Jerman, Italia, Prancis, dll
  • Penduduk keturunan Afrika (Afro-Amerika)
  • Penduduk ras Asia (Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara)
  • Penduduk ras latin (Spanyol, Portugal, dll)

Demikian info fakta karakteristik benua Amerika ini, baik karakteristik Amerika Utara maupun Amerika Selatan. Benua Amerika pun termasuk benua yang sangat unik dan memiliki karakteristik yang khas dengan keadaan alam yang bervariasi dari utara sampai selatan.

Tinggalkan komentar