Karakteristik Benua Antartika (Luas, Letak, Iklim, Ciri-Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik Benua Antartika (Luas, Letak, Iklim, Ciri-Ciri, Bentang Alam)

Kali ini akan dibahas mengenai karakteristik benua Antartika yang meliputi ciri-ciri benua Antartika serta bentang alam benua Antartika. Benua Antartika merupakan salah satu dari nama benua yang ada di dunia. Benua ini dikenal sebagai satu-satunya benua yang tidak dihuni oleh manusia secara tetap karena suhunya yang sangat dingin.

Benua Antartika menjadi benua paling dingin dengan rata-rata suhu paling rendah dibandingkan benua lain. Hal ini karena benua Antartika sangat berdekatan dengan kawasan kutub selatan. Lebih dari 95% wilayah benua Antartika diselimuti oleh lapisan es.

Selain itu benua Antartika menjadi satu-satunya benua yang tidak dihuni secara tetap oleh manusia. Orang-orang yang tinggal di benua Antartika hanya untuk keperluan penelitian atau penjelajahan saja dalam jangka waktu sementara saja.

Benua Antartika menjadi daratan yang letaknya berada di ujung selatan. Selain itu tidak ada pembagian wilayah administrasi sehingga tidak ada negara di benua Antartika. Benua Antartika juga tidak dimiliki oleh pemerintah negara manapun.

(baca juga karakteristik benua Amerika)

karakteristik benua antartika

Karakteristik Benua Antartika

Berikut merupakan daftar karakteristik benua Antartika meliputi luas wilayah, letak geografis dan astronomis benua Antartika, batas wilayah benua Antartika, keadaan alam benua Antartika, iklim benua Antartika serta keadaan penduduk benua Antartika.

Ciri-Ciri Benua Antartika

Luas wilayah benua Antartika : 14.000.000 km persegi
Jumlah penduduk benua Antartika : ±1.000 jiwa
Kepadatan penduduk benua Antartika : 0,0008 jiwa per km persegi
Jumlah negara : tidak ada

Batas Wilayah Benua Antartika

Benua Antartika dikelilingi oleh 3 samudera besar. Batas-batas benua Antartika dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak Benua Antartika Secara Geografis dan Astronomis

Letak astronomis benua Antartika : 66,5° LS – 90° LS
Letak geografis benua Antartika : Di kutub selatan Bumi dan terletak di antara samudera Pasifik, samudera Hindia dan samudera Atlantik.

Bentang Alam Benua Antartika

Wilayah Antartika memiliki banyak gunung-gunung tinggi. Gunung-gunung yang ada di benua Antartika banyak dilapisi salju sehingga puncak gunung sering terjadi gumpalan es mencair yang bergerak atau gletser ke tempat yang lebih rendah. Gunung tertinggi di benua Antartika adalah Gunung Massif dengan ketinggian 5.140 meter di atas permukaan laut.

Sementara persebaran flora dan fauna di benua Antartika tidak terlalu banyak. Beberapa flora yang ada di benua Antartika adalah jenis lumut dan ganggang, sedangkan fauna yang ada di benua Antartika misalnya adalah anjing laut, penguin, cumi laut dan albratas.

Iklim Benua Antartika

Benua Antartika memiliki iklim kutub karena dekat dengan kawasan kutub selatan. Suhu daratan benua Antartika lebih dingin dari kutub utara sekalipun. Rata-rata suhu di benua Antartika bisa mencapai -37 derajat Celcius dan menjadi benua dengan rata-rata suhu yang paling dingin.

Keadaan Penduduk Benua Antartika

Hingga kini, tidak ada penduduk yang menetap di benua Antartika. Orang-orang yang tinggal di benua Antartika adalah para peneliti, ilmuwan, penjelajah, wisatawan atau pendaki. Diperkirakan ada sekitar 1 ribu orang yang tinggal di benua Antartika secara tidak tetap.

Demikian info fakta karakteristik benua Antartika ini termasuk keadaan penduduk dan bentang alamnya. Benua Antartika memang benua yang cukup unik karena menjadi benua paling dingin dekat kutub selatan dan tidak dihuni manusia secara tetap.

Tinggalkan komentar