Perbedaan AM dan PM dalam Jam Beserta Arti dan Penjelasannya

Perbedaan AM dan PM dalam Jam Beserta Arti dan Penjelasannya

Kali ini akan dibahas perbedaan AM dan PM dalam format jam/waktu, kemudian diulas juga apa arti Am dan PM sebenarnya. Perlu diketahui bahwa AM dan PM ini penulisannya bermacam macam (“a.m.” dan “p.m.”, “am” dan “pm”, “AM” dan “PM”, atau “A.M.” dan “P.M.”). Semuanya merujuk pada maksud yang sama.

AM dan PM adalah penulisan waktu atau jam dalam bahasa Inggris dan digunakan di berbagai negara dunia, terutama negara negara Amerika dan Eropa. AM dan PM digunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari. Di Indonesia format waktu AM dan PM ini tidak digunakan, hal ini dikarenakan Indonesia menggunakan format waktu 24 jam.

Seperti yang kita ketahui bahwa hitungan jam secara konvensional yaitu hanya sampai angka 12, sedangkan dalam satu hari ada 24 jam. Untuk membedakannya, maka dibagilah menjadi 2 periode yaitu jam 12 siang dan jam 12 malam. Contohnya adalah jika ada yang menyebut jam 2 siang dalam bahasa Indonesia, maka masih tidak jelas yang dimaksud itu siang ataukah malam. Disinilah AM dan PM berfungsi, AM digunakan pada pagi hari, sedangkan PM berlaku digunakan ketika sore dan malam hari.

Perbedaan AM dan PM

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai perbedaan AM dan PM berikut ini,

Perbedaan AM dan PM dalam Jam Beserta Arti dan Penjelasannya

Arti AM

AM adalah singkatan dari “ante meridiem” yang artinya adalah “before noon” atau dalam bahasa Indonesia berarti “sebelum tengah hari”. AM adalah perhitungan waktu sebelum tengah hari, antara jam 12 tengah malam hingga jam 11 lewat 59 menit lewat 59 detik pada pagi hari.

Arti PM

PM adalah singkatan dari “past meridian” yang artinya adalah “after noon” atau dalam bahasa Indonesianya berarti “setelah tengah hari”. PM adalah Perhitungan waktu sebelum Tengah Malam, antara jam 12 tengah hari hingga jam 11 lewat 59 Menit lewat 59 Detik pada malam hari.

Contoh Penulisan pada Jam (Waktu) :

  • Pukul 4 pagi = 4.00 AM – Pada waktu Indonesia pukul 04.00
  • Pukul 4 sore = 4.00 PM – Pada waktu Indonesia pukul 16.00
  • Pukul 9 pagi = 09.00 AM – Pada waktu Indonesia 09.00
  • Pukul 9 malam = 09.00 PM – Pada waktu Indonesia 21.00

Kenapa Jam 12 Siang Ditulis 12 PM ?

Kenapa jam 12 siang ditulis 12 PM, bukan 12 AM? Hal ini dikarenakan AM merupakan keterangan dari “before noon”, sedangkan jam 12 menunjukkan bahwa hari sudah siang. Jadi, jam berapa pun itu asalkan sudah melebihi jam 12 malam dan sebelum jam 12 siang akan menggunakan keterangan AM. Begitu juga sebaliknya, jam berapa pun itu selama melebihi jam 12 siang dan sebelum jam 12 malam maka akan menggunakan keterangan waktu AM.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan AM dan PM dalam jam beserta arti dan penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu AM dan PM dalam format waktu.

Tinggalkan komentar