komponen kulkas

9+ Bagian-Bagian dan Komponen Kulkas Beserta Fungsinya [Lengkap]

Komponen kulkas – Kulkas atau lemari es merupakan salah satu alat elektronik yang penting dengan banyak fungsi. Kulkas bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar tetap terjaga keawetannya. Ada beberapa bagian-bagian kulkas sehingga kulkas bisa bekerja sesuai fungsi dan sistemnya, yang tentu harus dijaga kualitasnya.

Di era modern, kebutuhan akan kulkas sangat besar. Kulkas berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap awet dan tidak membusuk. Tiap rumah tangga tentu membutuhkan kulkas sebagai salah satu alat elektronik yang sangat penting untuk dimiliki.

Terdapat banyak varian merk kulkas, dimana tiap produsen alat elektronik berlomba-lomba memproduksi kulkas dengan fitur yang terbaik. Contoh merk kulkas terbaik misalnya yaitu LG, Sharp, Hitachi, Sanken, Samsung, Panasonic, dan lain sebagainya.

Tentu terdapat beberapa komponen kulkas yang membuat sistem kerja kulkas berfungsi. Tanpa adanya komponen tertentu, tentu kulkas akan berhenti bekerja dan akan menjadi rusak. Untuk itu, kita juga harus rutin merawat tiap bagian-bagian kulkas agar tetap awet dan tidak rusak.

(baca juga kode remot DVD)

komponen kulkas

Bagian Komponen Kulkas

Berikut ini merupakan pembahasan bagian-bagian kulkas secara umum beserta fungsi dan penjelasan tiap-tiap komponennya.

1. Kompresor

Bagian kulkas yang pertama adalah kompresor. Bagian kompresor ini merupakan komponen terpenting di dalam kulkas. Fungsi kompresor adalah untuk memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas.

2. Kondensor

Selanjutnya ada komponen kondensor. Komponen ini memiliki fungsi sebagai alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair.

3. Filter (saringan)

Komponen kulkas lainnya adalah filter atau saringan. Sesuai namanya, fungsi filter berguna untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk aliran pendingin setelah proses sirkulasi.

4. Evaporator

Evaporator juga termasuk komponen lemari es yang cukup penting. Fungsi dari evaporator adalah untuk menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam lemari es dan mendinginkannya.

5. Thermostat

Berikutnya ada komponen kulkas bernama thermostat. Fungsi thermostat ini adalah untuk mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu pada tiap komponen kulkas.

6. Heater Kaca

Heater menjadi bagian kulkas selanjutnya. Fungsi dari heater ini berfungsi untuk mencairkan bunga es yang menimbun di freezer sehingga gumpalan yang tertimbun tidak semakin tebal dan menutup seluruh bagian freezer. 

7. Fan Motor

Fan motor menjadi salah satu komponen kulkas yang memiliki fungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh rak dan mendorong udara melalui kondesor dan kompresor.

8. Overload Motor Protector

Overload motor protector atau biasa disebut overload saja, memiliki fungsi untuk melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi normal.

9. Bahan Pendingin (Refrigerant)

Bagian-bagian kulkas terakhir adalah bahan pendingin, biasa disebut dengan istilah refrigerat. Bagian ini merupakan zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya.

Nah itulah penjelasan 9 bagian-bagian kulkas beserta fungsi dan penjelasannya. Tiap komponen kulkas tersebut memiliki fungsi masing-masing sehingga lemari es bisa bekerja sesuai kegunaannya bagi kebutuhan hidup manusia.

Tinggalkan komentar