7 Benua Terbesar di Dunia dari yang Terluas Sampai yang Terkecil

7 Benua Terbesar di Dunia dari yang Terluas Sampai yang Terkecil

7 benua terbesar di dunia – Secara umum wilayah geografis dunia dibagi menjadi beberapa benua. Ada berapa benua di dunia? Terdapat beberapa versi mengenai jumlah benua di dunia, dari mulai teori 4 benua, 5 benua, 6 benua hingga yang paling umum digunakan adalah versi 7 benua.

Pengertian benua adalah erupakan daratan yang sangat luas yang mana bagian tengah dari benua tersebut bersifat kering dan tidak dipengaruhi oleh angin darat dan angin laut. Bentuk dan keberadaan benua saat ini sudah dipengaruhi oleh berbagai perubahan yang ada di Bumi.

Terdapat beberapa teori jumlah benua yang ada di dunia. Versi awal adalah 4 benua (Eurasia-Afrika-Amerika-Australia). Ada yang menyebut versi 5 benua (Asia-Eropa-Afrika-Amerika-Australia). Ada pula yang menyebut versi 6 benua (Asia-Eropa-Afrika-Amerika-Australia-Antartika). Namun secara umum yang digunakan adalah versi 7 benua di dunia.

Nama-nama benua di dunia meliputi Asia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia dan Antartika. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan pun dipisah dan dianggap sebagai benua independen. Antartika juga diakui sebagai benua meski tidak dihuni tetap oleh manusia.

(baca juga 5 samudera terluas di dunia)

7 Benua Terbesar di Dunia

Di bawah ini merupakan urutan 7 benua terluas di dunia dari mulai benua terbesar sampai benua terkecil berdasarkan luas wilayah daratannya (update terbaru).

1. Benua Asia

benua terbesar di dunia asia

Luas wilayah : 44.579.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 29,5%
Populasi penduduk : + 4,47 miliar jiwa

Benua terbesar di dunia adalah benua Asia. Luas wilayahnya adalah 44.579.000 km persegi. Hal ini mencakup 29,5% dari keseluruhan total wilayah daratan di Bumi. Terdapat sekitar 48 negara yang diakui PBB yang ada di benua Asia, belum termasuk 6 negara dependen lain.

Negara terbesar di benua Asia adalah Rusia yang wilayahnya membentang dari Eropa ke Asia. Sementara negara terkecil di benua Asia adalah Maladewa.

Benua Asia juga menjadi benua dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dengan populasi penduduk yang mencapai 4,47 miliar jiwa. Dua negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia berasal dari Asia yaitu China dan India. Sementara negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di Asia adalah Brunei.

Puncak tertinggi di benua Asia adalah Gunung Everest, yang juga menjadi gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter. Sementara titik terendah di Asia adalah Laut Mati.

2. Benua Afrika

benua terbesar di dunia afrika

Luas wilayah : 30.370.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 20,4%
Populasi penduduk : + 1,23 miliar jiwa

Benua Afrika menjadi benua terbesar kedua di dunia baik dari total luas wilayah atau dari total jumlah penduduk. Luas wilayah benua Afrika adalah 30.370.000 km persegi atau mencakup 20,4% dari total wilayah daratan di Bumi. Sementara jumlah penduduk di Afrika mencapai 1,23 miliar jiwa.

Negara terbesar di benua Afrika adalah Aljazair dan Republik Demokratik Kongo. Sementara negara terkecil di benua Afrika adalah Seychelles.

Untuk populasi penduduk, negara dengan penduduk terbanyak di Afrika adalah Nigeria. Adapun negara dengan populasi penduduk paling sedikit adalah Seychelles.

Puncak tertinggi di benua Afrika adalah gunung Kilimanjaro dengan ketinggian 5.895 meter. Sedangkan titik terendah di Afrika adalah Danau Assal.

3. Benua Amerika Utara

benua terbesar di dunia amerika utara

Luas wilayah : 44.579.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 29,5%
Populasi penduduk : + 4,47 miliar jiwa

Peringkat 3 benua terluas di dunia adalah Amerika Utara. Secara teknis Amerika Utara dan Amerika Selatan sebenarnya sering dikategorikan sebagai 1 benua besar. Namun beberapa pihak sering memisahkan keduanya menjadi benua masing-masing.

Dengan luas 44.579.000 km persegi atau 16,5% total area daratan di Bumi, Amerika Utara pun menjadi benua terluas ketiga. Negara terluas di Amerika Utara adalah Kanada. Sementara negara terkecil di Amerika Utara adalah Saint Kitts and Nevis.

Untuk kategori populasi penduduk, negara dengan penduduk terbanyak di Amerika Utara adalah Amerika Serikat. Sedangkan negara dengan penduduk paling sedikit adalah Saint Kitts and Nevis.

Puncak tertinggi di Amerika Utara adalah Gunung Denali dengan ketinggian 6.198 meter. Sementara titik terendah di Amerika Utara adalah Death Valley di Amerika Serikat.

4. Benua Amerika Selatan

benua terbesar di dunia amerika selatan

Luas wilayah : 17.840.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 12%
Populasi penduduk : + 420 juta jiwa

Benua Amerika Selatan menjadi benua terluas keempat di dunia. Secara teknis Amerika Utara dan Amerika Selatan sebenarnya sering dikategorikan sebagai 1 benua besar. Namun beberapa pihak sering memisahkan keduanya menjadi benua masing-masing.

Luas wilayah Amerika Selatan adalah 17.840.000 km persegi, mencapai 12% total wilayah daratan di permukaan bumi. Negara terbesar di Amerika Selatan adalah Brasil. Sedangkan negara terkecil di Amerika Selatan adalah Suriname.

Untuk kategori populasi penduduk, negara paling banyak penduduknya di Amerika Selatan adalah Brasil. Sedangkan yang tersedikit penduduknya adalah juga Suriname.

Puncak tertinggi di Amerika Selatan adalah Gunung Aconcagua di Argentina dengan ketinggian 6.960 meter. Sementara titik terendah di Amerika Selatan adalah Laguna del Carbon.

5. Benua Antartika

benua terbesar di dunia antartika

Luas wilayah : 14.000.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 12%
Populasi penduduk : + 1 ribu jiwa (tidak tetap)

Urutan benua terbesar di dunia yang kelima adalah benua Antartika. Luas wilayah Antartika adalah 14.000.000 km persegi dengan persentase total daratan di bumi sebesar 9,2%.

Antartika menjadi satu-satunya benua yang tidak dihuni secara tetap. Keseluruhan wilayah Antartika juga dilapisi oleh es dengan temperatur dingin.

Tidak ada negara yang ada di Antartika. Kini hanya ada sekitar 1 ribu penduduk di Antaratika yang tinggal sementara di sana. Mereka hanya bertugas melakukan riset dan penelitian di Antartika.

Sebuah perjanjian internasional dibuat yang melarang segala jenis tindakan militer dan penambangan area serta hal lain yang berkaitan dengan nuklir dan sumber daya alam.

6. Benua Eropa

benua terbesar di dunia eropa

Luas wilayah : 10.180.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 6,8%
Populasi penduduk : + 741 juta jiwa

Benua Eropa menempati peringkat 6 ranking benua terbesar di dunia saat ini. Artinya Eropa menjadi benua terkecil kedua di dunia. Luas wilayahnya hanyalah 10.180.000 km persergi saja atau mencakup 6,8% dari total wilayah daratan di Bumi.

Negara terbesar di benua Eropa adalah Rusia yang wilayahnya juga membentang sampai Rusia. Sedangkan negara terkecil di Eropa adalah Vatican City.

Meski wilayahnya relatif kecil dibandingkan benua lain, namun populasi penduduk Eropa menjadi yang tertinggi ketiga di dunia. Eropa juga menjadi benua terpadat kedua di dunia. Negara dengan penduduk terbanyak di Eropa adalah Rusia, sedangkan yang tersedikit tentunya adalah Vatican City.

Puncak tertinggi di benua Eropa adalah Gunung Elbrus di Rusia dengan ketinggian 5.642 meter. Sementara titik terendah di Eropa adalah Laut Kaspia yang menjadi danau terluas di dunia.

7. Benua Australia

benua terbesar di dunia australia

Luas wilayah : 8.600.000 km²
Persentase dari total wilayah Bumi : 5,9%
Populasi penduduk : + 40 juta jiwa

Benua terkecil di dunia adalah benua Australia yang berada di urutan 7. Luas wilayah benua Australia hanyalah 8.600.000 km persegi saja atau 5,9% dari total daratan di Bumi.

Benua ini terdiri dari daratan utama yaitu negara Australia serta pulau dan kepulauan lain yang ada di sekitarnya. Australia juga jadi negara terbesar dan paling banyak penduduk di benua Australia.

Hanya ada 3 negara saja di benua Australia yaitu Australia, Papua Nugini dan Timor Leste. Namun jika dikembangkan dengan negara-negara di kawasan Oceania, maka total ada 14 negara di benua Australia/Oceania.

Demikianlah fakta mengenai 7 benua terbesar di dunia dari yang paling luas sampai yang paling kecil wilayahnya di dunia. Benua Asia menjadi benua terbesar di dunia sedangkan benua Australia menjadi benua terkecil di dunia saat ini. Sekian fakta benua di dunia kali ini.

Tinggalkan komentar