Karakteristik Benua Afrika Lengkap (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik Benua Afrika Lengkap (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik benua Afrika lengkap – Benua Afrika merupakan salah satu nama benua di dunia. Benua ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda dibanding benua lain seperti benua Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Asia, Australia atau Antartika. Benua Afrika menjadi benua terbesar kedua di dunia. Luas wilayah benua Afrika adalah 30,37 juta km persegi.

Afrika memiliki populasi penduduk sebanyak 1,225 miliar jiwa, terbanyak kedua setelah benua Asia. Negara terbesar di Afrika adalah Aljazair, sedangkan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Afrika adalah Nigeria. Terdapat banyak negara yang diakui yang ada di benua Afrika.

Total ada 54 negara di benua Afrika yang menjadi anggota PBB. Benua Afrika berdekatan dengan wilayah benua Eropa dan benua Asia. Wilayah benua Afrika dan benua Eropa dipisahkan oleh Laut Tengah, sedangkan wilayah benua Afrika dan benua Asia dipisahkan oleh Terusan Suez dan Laut Merah.

Benua Afrika dikenal sebagai benua dengan keadaan ekonomi rendah sehingga tidak ada satu pun negara maju di benua Afrika. Semua negara dikategorikan sebagai negara berkembang di benua Afrika di bidang ekonomi dan infrastrukturnya.

karakteristik benua afrika

Karakteristik Benua Afrika

Berikut merupakan daftar karakteristik benua Afrika yang meliputi luas wilayah, letak geografis dan astronomis benua Afrika, batas wilayah benua Afrika, keadaan alam benua Afrika, iklim benua Afrika serta keadaan penduduk benua Afrika.

Ciri-Ciri Benua Afrika

  • Luas wilayah benua Afrika : 30.370.000 km persegi
  • Jumlah penduduk benua Afrika : ±1.225.080.510 jiwa
  • Kepadatan penduduk benua Afrika : 36,4 jiwa per km persegi
  • Jumlah negara : 54 anggota PBB, 2 negara lainnya

Batas Wilayah Benua Afrika

Berikut merupakan penjelasan batas-batas wilayah benua Afrika dengan wilayah di sekitarnya, serta dengan benua-benua yang berbatasan langsung dengan Afrika.

Batas Benua Afrika Sebelah Utara, Barat, Timur, Selatan

  • Sebelah utara : Laut tengah/Laut Mediterania, Benua Eropa
  • Sebelah barat : Samudera Atlantik
  • Sebelah timur : Samudera Hindia, Laut Merah
  • Sebelah selatan : Samuderah Atlantik

Batas Benua Afrika dengan Benua Asia-Eropa

  • Batas benua Afrika dan benua Asia : Laut Merah, Terusan Suez
  • Batas benua Afrika dan benua Eropa : Laut Tengah/Laut Mediterania

Letak Benua Afrika Secara Geografis dan Astronomis

Letak astronomis benua Afrika dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujurnya terletak pada kisaran 35° LU sampai 33° LS dan 18° BT sampai 53° BT.

Sedangkan letak geografis benua Afrika terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia, berada di sebelah selatan benua Eropa dan sebelah barat daya benua Asia.

Adapun ketak geologis benua Afrika berada pada jalur pegunungan Atlas dan dikelilingi landas benua yang sempit.

Bentang Alam Benua Afrika

Benua Afrika dipenuhi oleh wilayah dataran tinggi atau daerah gurun. Beberapa gurun terbesar di dunia ada di Afrika, misalnya gurun Sahara yang menjadi gurun terluas ketiga di dunia yang terletak di wilayah Afrika Utara. Selain itu juga ada gurun Namibia dan gurun Kalahri di wilayah Afrika bagian Selatan yang letaknya lebih tinggi dibanding gurun di bagian utara.

Terdapat juga wilayah dataran rendah di benua Afrika, misalnya di lembah sungai Nil. Sungai Nil juga dikenal sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai di Afrika memang terkenal dengan alirannya yang panjang. Adapaun danau terbesar di Afrika adalah Danau Victoria.

Iklim Benua Afrika

Afrika memiliki beberapa jenis iklim karena letaknya yang luas dan membentang dari utara sampai selatan. Berikut merupakan pembagian iklim di benua Afrika.

  • Wilayah Afrika bagian Utara memiliki iklim mediterania yang dipengaruhi letaknya yang berdekatan dengan Laut Tengah.
  • Wilayah Afrika bagian Tengah, Barat dan Timur memiliki iklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.
  • Wilayah Afrika bagian Selatan memiliki iklim subtropis dikarenakan letaknya di garis balik selatan.
  • Wilayah Afrika bagian Utara dan Barat memiliki iklim gurun karena letaknya yang dekat dengan kawasan gurun.
  • Wilayah Afrika bagian Tengah dan Selatan memiliki iklim pegunungan karena letaknya yang dekat dengan wilayah pegunungan.

Keadaan Penduduk Benua Afrika

Berikut merupakan keadaan penduduk benua Afrika yang ada pada tiap kawasan Afrika seperti Afrika Utara, Afrika Tengah, Timur dan Barat, Afrika Selatan, dan Afrika bagian pedalaman.

Keadaan penduduk Afrika Utara
Mayoritas ras Kaukasoid dari keturunan Arab

Keadaan penduduk Afrika Tengah, Timur dan Barat
Mayoritas ras negro

Keadaan penduduk Afrika Selatan
Mayoritas ras Kaukasoid dari keturunan Eropa

Keadaan penduduk Afrika bagian pedalaman
Mayoritas suku pribumi

Demikian info karakteristik benua Afrika ini. Benua Afrika pun termasuk benua yang sangat unik dan memiliki karakteristik yang khas. Banyak keadaan alam benua Afrika yang tidak dimiliki oleh benua lain di dunia.

Tinggalkan komentar