6+ Negara-Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dan Lama Periodenya

6+ Negara-Negara yang Pernah Menjajah Indonesia dan Lama Periodenya

Indonesia adalah negara yang baru merdeka pada 17 Agustus 1945. Sebelumnya Indonesia sempat dijajah oleh beberapa negara. Apa sajakah negara-negara yang pernah menjajah Indonesia dari dulu sampai akhirnya bisa merdeka?

Kemerdekaan memang bukanlah sesuatu yang didapat dengan mudah. Warga Indonesia sempat dijajah dan diperlakukan semena-mena oleh para penjahah. Para pejuang berjuang untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Negara yang menjajah Indonesia umumnya adalah negara-negara Eropa, seperti Belanda, Portugis dan Spanyol. Meski ada juga 1 negara Asia, yakni Jepang, yang pernah menjajah Indonesia.

Kebanyakan para negara-negara penjajah datang ke Indonesia untuk berdagang rempah-rempah, namun kemudian mereka justru melakukan monopoli perdagangan dan menjajah tanah-tanah Indonesia.

(baca juga letak geografis Indonesia)

negara yang pernah menjajah indonesia

Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Di bawah ini akan dijelaskan negara-negara yang pernah menjajah Indonesia beserta sejarah singkatnya.

1. Portugis (1509-1595 Masehi)

Negara pertama yang menjajah Indonesia adalah Portugis. Portugis menjajah Indonesia lebih dari 80 tahun, yakni mulai sekitar tahun 1512 M sampai 1595 M.

Bermula pada pelayaran seorang pelaut Portugis ke kepulauan Maluku yang disambut baik oleh Raja Ternate untuk berdagang rempah-rempah. Bahkan pihak Portugis diperbolehkan mendirikan benteng di Maluku.

Namun kepercayaan itu disalahgunakan oleh Portugis. Pihak Portugis kemudian melakukan penjajahan dengan memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku yang menyengsesarakan warga pribumi.

Tidak hanya di kepulauan Maluku, penjajahan Portugis juga meluas ke daerah-daerah lain di Nusantara. Kolonialisasi Portugis berakhir saat Belanda datang ke Indonesia dan mengalahkan armada Portugis yang tersisa.

2. Spanyol (1521-1692 Masehi)

Saat Portugis menjajah Maluku, Spanyol juga datang ke Indonesia yakni ke wilayah Sulawesi Utara. Kedatangan Spanyol tak lepas dari Portugis yang datang ke Indonesia sebelumnya.

Spanyol diterima dengan baik dan diajak membentuk koalisi dengan Kerajaan Tidore. Hal ini dilakukan untuk melawan Kerajaan Ternate yang berkoalisi dengan Portugis.

Perselisihan berakhir dengan Deklarasi Saragosa pada tahun 1583, dimana Portugis memperoleh wilayah Kepulauan Maluku, sementara Spanyol berhak mengklaim wilayah Filipina.

Penguasaan Spanyol di tanah Minahasa, Sulawesi Utara mulai berakhir pada tahun 1646, hingga akhirnya pihak Spanyol sepenuhnya diusir dari Indonesia pada tahun 1692 Masehi.

3. Belanda (1602-1942 Masehi)

Belanda menjadi negara yang menjajah Indonesia paling lama, yaitu mencapai 3,5 abad atau hampir 350 tahun. Belanda pertama datang ke Indonesia di bawah kepemimpinan Cournelis de Hotman dengan tujuan ekspedisi dan berdagang rempah-rempah.

Namun kemudian Belanda malah melakukan penjajahan, terutama setelah diusirnya Portugis dari Indonesia. Kolonialisasi Belanda di Indonesia diawali dengan dibentuknya Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) sebagai kongsi dagang di Batavia.

Pemerintah Belanda memberikan kekuasaan kepada VOC untuk memberlakukan hak monopoli dagang terhadap perdagangan rempah-rempah di Nusantara. Rakyat pribumi pun tersiksa atas perlakuan semena-mena Belanda.

Akan tetap, korupsi, manajemen yang buruk, pengeluaran biaya perang, pembayaran devident dan persaingan ketat dari Inggris (east India Company) membuat runtuhnya VOC menjelang abad ke-18.

VOC kemudian runtuh di tahun 1799 akibat korupsi dan manajemen yang buruk. Sejak itu wilayah Nusantara disebut sebagai Dutch Indies atau Hindia Belanda. Belanda menguasai banyak wilayah Nusantara dari mulai Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Papua.

Perlawanan sering dilakukan oleh para pejuang pribumi, salah satunya lewat Perang Diponegoro. Belanda malah memberlakukan banyak aturan, seperti memaksa pribumi kerja rodi dan tanam paksa.

Kekuasaan Belanda di Indonesia berakhir seiring dengan meletusnya Perang Dunia II di tahun 1940. Belanda mengalami kekalahan dan wilayahnya dikuasai oleh Nazi, Jerman. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Jepang untuk mengalahkan Belanda dan merebut Indonesia sejak tahun 1942.

4. Prancis (1808-1811 Masehi)

Siapa sangka jika Prancis ternyata juga pernah menjajah Indonesia? Usai Belanda kalah dari Prancis, daerah kolonialnya juga direbut Prancis. Hal ini terjadi saat kepemimpinan Jenderal Daendels yang dikirim Louis Napoleon untuk menjadi gubernur jenderal Batavia.

Pemerintahan Daendels yang keras dan diktator mendapat kritikan dan membuat Napoleon memanggil kembali ke Prancis. Kemudian Louis Napoleon mengangkat Jan Willem Janssens sebagai gubernur baru.

Namun, karena tidak mampu menahan serangan Inggris, kepemimpinan Janssens hanya bertahan lima bulan. Pada tahun 1811, Janssens menyatakan kalah dari Inggris dan menandatangani perjanjian Kapitulasi Tuntang bahwa seluruh Pulau Jawa adalah milik Inggris.

5. Inggris (1811-1816 Masehi)

Inggris juga menjadi salah satu negara Eropa yang pernah menjajah Indonesia. Tahun 1811, Ingris mengalahkan Prancis dan merebut wilayah Indonesia. pemerintah Inggris mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jenderal di Indonesia.

Di bawah pimpinan Raffles, Indonesia banyak mengalami perubahan seperti penghapusan sistem monopoli, perbudakan dan kerja rodi. Pulau Jawa juga dibagi menjadi 16 karesidenan.

Namun masa kolonialisasi bangsa Inggris di Indonesia tidak berlangsung lama. Terjadinya konflik antara Inggris dan Belanda memberi dampak pada pemerintahan Indonesia di bawah Inggris. Pada tahun 1816, Inggris resmi diusir dari Indonesia dan Belanda kembali menduduki Indonesia.

6. Jepang (1942-1945 Masehi)

Jepang menjadi negara terakhir yang menjajah Indonesia sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Jepang menduduki Indonesia sejak tahun 1942 usai pasukan Belanda diusir dan ditarik mundur dari wilayah Indonesia.

Penjajahan Jepang memang tidak selama Belanda, hanya berlangsung 3 tahun saja, namun penduduk Indonesia pada masa itu mengalami penjajahan yang lebih kejam ketimbang penjajahan yang dilakukan oleh negara-negara Eropa lainnya.

Pada masa pemerintahan negara Jepang, diberlakukan kerja paksa atau romusha yang menyengsarakan rakyat pribumi. Padahal awalnya Indonesia menerima baik kedatangan Jepang karena diming-iming akan dibantu dalam proses kemerdekaan.

Jepang malah memanfaatkan militer Indonesia untuk membantu melawan melawan Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Kekalahan Jepang atas Amerika Serikat lewat serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki kemudian memberi dampak bagi Indonesia.

Jepang yang sudah diambang kekalahan perang kemudian menyerah. Saat itulah Indonesia akhirnya menyatakan proklamasi kemerdekaan tepat pada tanggal 17 Agustus 1945.

Nah itulah fakta mengenai 6 negara yang pernah menjajah Indonesia beserta tahun periode dan penjelasannya. Ada 6 negara yang tercatat pernah menjajah Indonesia yakni Portugis, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris dan Jepang.

Tinggalkan komentar