Karakteristik Benua Eropa (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik Benua Eropa (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Kali ini akan dibahas mengenai karakteristik benua Eropa yang meliputi ciri-ciri benua Eropa serta bentang alam benua Eropa. Benua Eropa merupakan salah satu nama benua di dunia. Benua ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda dibanding benua lain seperti benua Amerika Utara dan Selatan, Asia, Afrika, Australia atau Antartika.

Benua Eropa menjadi benua terkecil kedua di dunia. Luas wilayah benua Eropa hanya 10,18 juta km persegi. Eropa memiliki populasi penduduk sebanyak 742 juta jiwa, terbanyak ketiga di dunia setelah benua Asia dan Afrika. Terdapat 50 nama negara di Eropa serta 10 negara dengan pengakuan terbatas.

Negara terbesar di Afrika adalah Rusia, baik dari total luas area atau pun dari total jumlah penduduk terbanyak. Eropa dikenal sebagai benua dengan keadaan ekonomi tinggi. Ada banyak negara maju di Eropa dan hanya beberapa saja yang tergolong negara berkembang di benua Eropa.

karakteristik benua eropa

Karakteristik Benua Eropa

Berikut merupakan daftar karakteristik benua Eropa yang meliputi luas wilayah, letak geografis dan astronomis benua Eropa, batas wilayah benua Eropa, keadaan alam benua Eropa, iklim benua Eropa serta keadaan penduduk benua Eropa.

Ciri-Ciri Benua Eropa

Luas wilayah benua Eropa : 10.180.000 km persegi
Jumlah penduduk benua Eropa : ±741.447.158 jiwa
Kepadatan penduduk benua Eropa : 72,9 jiwa per km persegi
Jumlah negara : 50 anggota PBB, 6 negara lainnya

Batas Wilayah Benua Eropa

Sebelah utara : Samudera Arktik
Sebelah barat : Samudera Atlantik
Sebelah timur : Pegunungan Ural, Benua Asia
Sebelah selatan : Laut Mediterania

Batas benua Eropa dan benua Asia : Pegunungan Ural
Batas benua Eropa dan benua Afrika : Laut Tengah/Laut Mediterania

Letak Benua Eropa Secara Geografis dan Astronomis

Letak astronomis benua Eropa : 34° LU-71° LU dan 10° BB-66° BT
Letak geografis benua Eropa : Di antara belahan bumi bagian barat dan timur sedangkan posisinya berada di bumi bagian utara atau di bagian utara garis khatulistiwa.
Letak geologis benua Eropa : Letak Eropa menyatu dengan benua Asia yang disebut sebagai Eurasia.

Bentang Alam Benua Eropa

Benua Eropa umumnya dipenuhi oleh wilayah dataran rendah terutama di bagian Eropa Barat dan Tengah. Terdapat garis pegunungan lipatan muda di sepanjang pantai Laut Tengah/Mediterania. Ada juga pegunungan tua utara di dataran tinggi Skotlandia dan Irlandia. Eropa memiliki daerah pegunungan Alpen yang terkenal di Eropa Tengah.

Terdapat sub-wilayah berupa Semenanjung Iberia di bagian Barat Daya dan daerah Baltik di bagian Tenggara, serta semenanjung Italia di bagian selatan. Gunung tertinggi di benua Eropa adalah Gunung Elbrus di Rusia. Sementara sungai terpanjang di benua Eropa adalah sungai Volga di Rusia.

Iklim Benua Eropa

Eropa memiliki beberapa jenis iklim karena letaknya yang luas dan membentang dari utara sampai selatan. Berikut merupakan pembagian iklim di benua Eropa.

  • Wilayah Eropa bagian Selatan memiliki iklim mediterania yang dipengaruhi letaknya yang berdekatan dengan Laut Tengah.
  • Wilayah Eropa bagian Barat memiliki iklim laut karena pengaruh arus teluk yang terjadi di Samudera Atlantik.
  • Wilayah Eropa bagian Timur memiliki iklim kontinental dimana saat musim dingin suhu akan ekstrem.
  • Wilayah Eropa bagian Tengah memiliki gabungan iklim laut dan iklim kontinental karena letaknya yang berada di antara Eropa Barat dan Eropa Timur.

Keadaan Penduduk Benua Eropa

Sebagian besar penduduk Eropa adalah bangsa dari ras Kaukasoid yang berkulit putih dan berambut pirang. Penduduk dibedakan menjadi 5 kelompok sebagai berikut :

Keadaan penduduk Eropa Utara : Suku bangsa Nordik
Keadaan penduduk Eropa Tengah : Suku bangsa Alpina
Keadaan penduduk Eropa Selatan : Suku bangsa Mediterania
Keadaan penduduk Eropa Timur : Suku bangsa Slavia

Demikian info karakteristik benua Eropa ini. Benua Eropa pun termasuk benua yang sangat unik dan memiliki karakteristik yang khas. Banyak keadaan alam benua Eropa yang tidak dimiliki oleh benua lain di dunia.

Tinggalkan komentar