Karakteristik Benua Asia Lengkap (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik Benua Asia Lengkap (Luas, Letak, Iklim, Ciri, Bentang Alam)

Karakteristik benua Asia lengkap – Benua Asia merupakan salah satu dari 7 benua yang ada di dunia. Benua Asia memiliki karakteristik yang unik yang membedakannya dengan benua benua lain di dunia seperti benua Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Afrika, Australia atau Antartika.

Benua Asia menjadi benua terbesar di dunia. Luas wilayah benua Asia adalah 44,57 juta km persegi. Selain sebagai benua terluas di dunia, benua Asia juga menjadi benua dengan jumlah penduduk terbanyak. Total populasi benua Asia adalah 4,462 miliar jiwa atau lebih dari separuh total populasi di planet Bumi. Negara Republik Rakyat Cina menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Terdapat banyak negara yang diakui yang ada di benua Asia. Total ada 48 negara anggota PBB di benua Asia serta 6 negara lainnya. Beberapa negara di Asia yang terkenal antara lain adalah China, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, India, Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan lain-lain.

Benua Asia berbatasan langsung dengan benua Eropa. Daratan yang menyatukan benua Eropa dan Asia sering disebut sebagai Eurasia. Selain itu Asia juga memiliki kedekatan geografis dengan benua Afrika di bagian barat dan benua Australia di bagian selatan.

(baca juga karakteristik negara ASEAN)

karakteristik benua asia

Karakteristik Benua Asia

Berikut merupakan daftar karakteristik benua Asia mencakup aspek dan berbagai faktor, misalnya seperti luas wilayah, letak geografis dan astronomis, batas wilayah, keadaan alam, iklim serta keadaan penduduk yang ada di Asia.

Ciri-Ciri Benua Asia

  • Luas wilayah benua Asia : 44.579.000 km persegi
  • Jumlah penduduk benua Asia : ±4.462.676.731 jiwa
  • Kepadatan penduduk benua Asia : 100 jiwa per km persegi
  • Jumlah negara : 48 anggota PBB, 6 negara lainnya

Batas Wilayah Benua Asia

Berikut merupakan penjelasan batas-batas wilayah benua Asia dengan wilayah di sekitarnya, serta dengan benua-benua yang berbatasan langsung dengan Asia.

Batas Benua Asia Sebelah Utara, Barat, Timur, Selatan

  • Sebelah utara : Samudera Arktik
  • Sebelah barat : Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural
  • Sebelah timur : Samudera Pasifik, Laut Bering
  • Sebelah selatan : Samuderah Hindia

Batas Benua Asia dengan Benua Afrika-Eropa-Australia

  • Batas benua Asia dan benua Afrika : Laut Merah, Terusan Suez
  • Batas benua Asia dan benua Eropa : Pegunungan Ural, Laut Merah
  • Batas benua Asia dan benua Australia : Kepulauan Maluku, Papua Nugini

Letak Benua Asia Secara Geografis dan Astronomis

Letak astronomis benua Asia dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujurnya terletak pada kisaran 77º LU sampai 11º LS dan 26º BT sampai 169º BT.

Sedangkan letak geografis benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara 3 samudera yakni Samudera Arktik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.

Adapun letak geologis benua Asia terletak menyatu dengan benua Eropa dalam daratan Eurasia.

Bentang Alam Benua Asia

Benua Asia dipenuhi oleh wilayah pegunungan, dataran tinggi dan dataran rendah. Relief Asia bergunung-gunung yang tertinggi adalah Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yaitu Gunung Everest yang menjadi gunung tertinggi di dunia dengan tinggi 8848 meter di atas permukaan laut.

Terdapat beberapa pegunungan yang terpisah di antaranya adalah di Jazirah Arab yaitu sepanjang laut merah Teluk Aden, pegunungan di selatan yaitu pegunungan Dekkan, pegungan di Sri Langka, pegunungan di Indonesia dan lain-lain. Selain itu terdapat banyak wilayah dataran rendah di pinggir aliran sungai.

Iklim Benua Asia

  • Iklim Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara
  • Iklim Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi
  • Iklim Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia
  • Iklim Asia Selatan dan Tenggara : Tropis Basah
  • Iklim Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis

Keadaan Penduduk Benua Asia

Berikut merupakan keadaan penduduk benua Asia yang ada pada tiap kawasan Asia seperti Asia Timur, Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Keadaan penduduk Asia Timur dan Tenggara
Termasuk Ras Mongoloid dan Ras Melayu

Keadaan penduduk Asia Utara dan Tengah
Mayoritas termasuk Ras Kaukasoid

Keadaan penduduk Asia Selatan
Mayoritas ras Kaukasoid dan Negroid

Keadaan penduduk Asia Tengah dan Barat
Mayoritas ras Europoid dan Negroid

Keadaan penduduk Asia Barat bagian Selatan
Mayoritas ras Negroid

Demikian info karakteristik benua Asia ini. Sebagai benua terbesar di dunia, tak heran jika benua Asia sangat unik dan memiliki karakteristik yang berbeda. Indonesia pun termasuk salah satu negara yang ada di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara.

Tinggalkan komentar